Ayam di panggang dalam kwali, Ayam panggang yu cempluk istimewa


Olahan daging ayam kampung sebenarnya memiliki banyak penggemar. Namun jika tidak pintar memasaknya, daging ayam kampung akan menjadi alot dan keras. Tidak jarang hal itu didapati di restoran-restoran atau tempat makan ayam kampung. Namun hal ini tidak terjadi di Restoran Ayam Panggang Yu Cempluk yang berada di Sondakan Laweyan ini.

Owner Yu Cempluk, Wiwin telah menemukan resep khusus olahan ayam kampung panggang khas Wonogiri yang empuk dan mudah disuwir. Namun, jangan salah sangka, ayam ini diolah bukan dengan direbus atau digoreng. Wiwin justru memilih mengolah ayam yang nikmat ini dengan cara dipanggang dalam kwali.

“Ayam mentah langsung dipanggang di kwali, jadi tanpa minyak goreng sehingga lebih menyehatkan. Tidak juga direbus jadi tidak menghilangkan rasa khas ayam panggangnya. Kami menjamin keaslian rasa dan gurihnya ayam kampung,” urainya Kamis (10/11/2016).

Ayam kampung panggang khas Yu Cempluk memiliki penampilan yang menggoda disertai bumbu cabai. Namun begitu dicicip, tidak terasa pedas seperti yang dibayangkan, bahkan anak kecil pun dijamin doyan, atau bahkan tambah.

Sajian ayam panggang utuh dengan sujen dilengkapi dengan bumbu panggang sebagai cocolannya ini tersedia untuk porsi empat orang dan dibanderol dengan harga Rp 70.000. Sebagai pelengkap, lalapan dan dua macam sambel terasi bertengger di samping ayam panggang.

“Jodohnya ayam panggang memang sambel terasi, maka kami menyediakan dua jenis sambel terasi mentah dan matang. Dua-duanya dijamin nikmat bikin ketagihan juga. Meski begitu kami juga menyediakan jenis sambel bawang, tapi untuk pasangan menu lain yakni ayam goreng,” imbuh Wiwin.

Khusus bumbu cocolannya, Wiwin sengaja selalu menyajikannya bersama ayam panggang utuh untuk memberikan sensasi makan yang berbeda pada para pengunjung. Menurut Wiwin, dirinya mendapatkan bumbu tersebut secara turun temurun dari keluarganya. Namun khusus saat disajikan dalam Yu Cempluk, dirinya menurunkan tingkat kepedasan bumbu.

“Orisinalnya pedas sekali, tapi gradenya diturunkan untuk menyesuaikan dengan lidah Wong Solo. Selain itu, kami juga memiliki menu andalan osreng-osreng tauge mlanding dan lombok ijo. Keduanya juga khas Wonogiri,” tuturnya.

Yu Cempluk memiliki tempat parkir yang luas dan suasana makan yang sangat tradisional. Yu Cempluk juga menyediakan berbagai macam minuman mulai dari teh hangat hingga berbagi macam jus buah. Selain itu, jenis makanan yang disajikan juga banyak pilihan di mana makanan dan minuman tersebut dapat ditebus dengan harga terjangkau.

“Masih ada pula paket-paket khusus yang lebih hemat. Kami juga menawarkan delivery order tanpa ongkos kirim untuk jarak maksimal lima kilometer. Jika ingin melihat berbagai macam menu kami dapat dilihat di instagram, yu_cempluk,” tukasnya. (js)

Related Posts:

0 Response to "Ayam di panggang dalam kwali, Ayam panggang yu cempluk istimewa"

Posting Komentar